sugeng rawuh..monggo dipun waos Blog kulo

sugeng rawuh..monggo dipun waos Blog kulo

DUNIA DiNa-my Life My Adventure

Senin, 22 Februari 2010

mari bercerita tentang Desain Komunikasi Visual


rada serius dikit neh topiknya yak...
yah berhubung profesi sy adalah dosen Desain komunikasi Visual(DKV)di Institut Seni Indonesia Denpasar..meskipun br 1 thn lbh "belajar"menjadi dosen...tp sy merasa masih jauuuuuuh bgt klo dibilang dosen yg handal&pintar dlm akademis..
awalnya jg gk sengaja jd Dosen..dan awal2 sampe skrgpun sy merasa menjadi dosen adalah "beban"berat..dan HARUS KUDU WAJIB BELAJAR TRS dan terus..
cukup dl ya sekilas curhat sy he2...

Desain Komunikasi Visual ato yg biasa disebut desain grafis sejak tahun 2000-an sampai skrg lg BOOMING &cukup ngetren diminati...
saking membludaknya mahasiswa yg tiap thn semakin bertambah..kami di ISI sampe kualahan..
memang gk bs dipungkiri profesi ini sangat menjajikan..krn disetiap usaha&segala bidang nbanyak dibutuhkan seorang desainer grafis..

perlu kita tahu arti kata desain secara etimologi adalah, Proses - cara - perbuatan dengan mengatur "segala sesuatu" sebelum bertindak (merancang).
sedangkan arti kata desain komunikasi visual:

žDesain : berkaitan dengan perancangan estetika, cita rasa serta kreatifitas
žKomunikasi : ilmu yang bertujuan menyampaikan maupun sarana untuk menyampaikan pesan
žVisual : sesuatu yang dapat dilihat

Ruang Lingkup Desain Komunikasi Visual adalah
•Below the Line ( media lini bawah ), adalah kegiatan periklanan yang tidak melibatkan pemasangan iklan di media komunikasi massa dan tidak memberikan komisi kepada perusahaan iklan, sering perusahaan iklan mendapat honorarium khusus dari pengiklan. Pada umumnya kegiatan periklanan lini bawah ini bersifat penjualan promosi, yaitu kegiatan pemasaran yang dilakukan di tempat penjualan ( point of purchase ). Seperti : Brosur, folder, poster, kartu nama, merchandise, dll

Above The Line ( media lini atas ), adalah jenis -jenis iklan yang disebarkan melalui sarana media komunikasi massa. Misalnya surat kabar, majalah, iklan radio dan televisi. Pada umumnya biro iklan bersangkutan mendapat komisi karena pemasangan iklan tersebut.


Lingkup desain komunikasi visuaI di antaranya meliputi:
•Desain Grafis Periklanan (Advertising)
•Animasi
•Desain Identitas Usaha (Corporate Identity)
•Desain Marka Lingkungan (Environmental Graphics)
•Desain Multimedia
•Desain Grafis Industri (promosi)
•Desain Grafis Media (buku, surat kabar, majalah, dll)
•Cergam (komik), Karikatur, Poster.
•Fotografi, Tipografi, dan Ilustrasi

nah kalo unsur2 desain komunikasi visual antara lain:
1.Ilustrasi
2.Teks
3.Typografi/huruf
4.Warna

Ilustrasi adalah gambaran singkat alur suatu cerita guna lebih menjelaskan satu adegan

Teknik yang digunakan untuk membuat ilustrasi antara lain :
a.Ilustrasi Fotografi

b.Ilustrasi Gambar Tangan
Ilustrasi ini dibuat secara keseluruhan menggunakan tangan,
dengan memberikan ekspresi dan karakter tertentu untuk
mendukung media komunikasi grafis yang dibuat, seperti iklan,
poster, baliho dan lainnya. (Pujiriyanto, 2005 : 41)

C.Ilustrasi Gabungan
Merupakan bentuk visual suatu komunikasi dengan struktur rupa yang
terwujud dari perpaduan antara teknik fotografi dengan teknik drawing
di komputer sehingga dapat menghasilkan ilustrasi yang lebih artistik.

•2.Teks
Teks terdiri atas bagian judul (headline), subjudul, naskah (body copy),
logo (logo type) dan kata penutup (closing word). (Pujiriyanto, 2005 :38)

•3.Huruf/Tipografi
Huruf sebenarnya dapat ditransformasikan menjadi suatu karya seni, yaitu
dengan mengolah bentuk kata atau blok tulisan sesuai fungsi masing –
masing sehingga kemudian tercipta suatu bentuk, tekstur yang kemudian
dikomunikasikan sebagai pesan, mood atau berupa gambar hias
(Artini,1999 : 36).


•4.Warna
•Beberapa definisi tentang warna adalah sebagai berikut:
a.Warna secara objektif/ fisik dapat didefinisikan sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subjektif/ psikologis sebagai bagian dari pengalaman indera penglihatan.
( Sanyoto, Sadjiman. 2005 : 9 )
b. Warna adalah suatu bentuk cahaya atau radiasi gelombang elektromagnetik, yang dihasilkan dari cahaya matahari yang berwarna putih murni. ( Gon, Harry, dkk. 2005 : 10 )
c.Warna merupakan pelengkap gambar serta mewakili suasana kejiwaaan pelukisnya dalam berkomunikasi.
(Kusrianto, 2006 : 46 )


itulah sedikit ulasan tentang DesKomVis...
sy sy ambil dr materi bahan ajar yg saya gunakan untuk mengajar..
mudah2an bermanfaat bagi yg ingin lebih mendalami&belajar ilmu DKV..

semangaaaaaaattttttttttt
-diNa-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar