sugeng rawuh..monggo dipun waos Blog kulo

sugeng rawuh..monggo dipun waos Blog kulo

DUNIA DiNa-my Life My Adventure

Minggu, 16 Mei 2010

PROSES KOMUNIKASI



Manusia Sebagai makhluk sosial memerlukan suatu hubungan,yg dimaksud yaitu pernyataan dengan lambang-lambang yg berarti komunikasi,dilakukan oleh manusia dengan berbagai kegiatan. Misalnya surat menyurat,melalui udara dll

Bentuk kegiatannya dapat diklasifikasikan sbb:
1.Verbal Communication
2.Non Verbal Communication

Verbal Communication adalah,komunikasi yg menggunakan lambang bahasa, mencakup komunikasi bahas lisan & tulisan.
Disini Bahasa adalah lambang yg paling penting&paling banyak digunakan dl berkomunikasi,karena selain dapat mewakili kenyataan-kenyataan konkrit juga dpt mewakili hal-hal yg abstrak

Unsur-Unsur Komunikasi
1.Komunikator & Komunikan
Komunikator adalah individu atau kelompok yg mengambil prakarsa dlm mengadakan komunikasi dg individu/kelompok lain yg menjadi sasarannya
Komunikan adalah obyek sasaran dari kegiatan komunikasi,yaitu pesan2 yg disampaikan oleh komunikator akan diterima sasarannya yaitu komunikan
2.Message/pesan
Unsur ini merupakan tujuan dan maksud dari komunikator kpd komunikan

Didalam proses komunikasi unsur ini sangat menentukan didalam mencapai “the conditions of success in communication”
Yaitu menurut Wilbur Schramm:
- Pesan harus direncanakan&disampaikan sedemikian rupa sehingga pesan itu dapat menarik perhatian sasaran yg dituju
Agar sumber&sasaran dapat intune, menurutnya pada perencanaan ini harus diperhatikan “timing” dan “placing” serta dilengkapi dengan “cue” untuk merancang sasaran
Massage/pesan harus menggunakan tanda-tanda yg didasarkan pada pengalaman-pengalaman yg sama antar sumber dan sasaran sehingga kedua pengertian ini bertemu

Disini field of experience (pengalaman di lapangan) mempunyai peranan dlm menciptakan komunikasi, faktor yg hrs diperhatikan bukan saja berbicara pd bahasa yg sama tetapi harus menyesuaikan diri dengan kemampuan daya tangkap dan sama sekali memberikan komunikasi yg over his head (melebihi dr kapasitas otaknya)

Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi dari pada sasaran dan menyarankan cara-cara untuk mencapai kebutuhan itu
3.FeedBack
Adalah arus umpan balik dalam rangka proses komunikasi
Dimana arus umpan balik ini selalu diharapkan oleh seseorang/sekelompok orang yg melakukan kegiatan komunikasi,dalam arti feedback yg menyenangkan artinya penyampaian pesan dari komunikator mendapat tanggapan yg menyenangkan dari komunikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar